Penerapan 8 SNP

PENERAPAN 8 STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN (SNP)
NO
JENIS
SUDAH DILAKSANAKAN
AKAN DILAKSANAKAN
1
Standar Isi
  1. Pelaksanaan Kurikulum berdasarkan KTSP
  2. Melibatkan TIM penyusun KTSP
  3. Pengaturan beban belajar
  4. Penentuan KKM
  5. Penyusunan Kalender Pendidikan
  6. Mata Pelajaran Muatan Lokal
  7. Kegiatan Ekstrakurikuler
  8. Pengembangan Silabus dan RPP
    1. Program Pengembangan diri dalam bentuk kegiatan konseling
    2. Aspek penentuan KKM
2
Standar Proses
  1. Lima mata pelajaran memiliki RPP
  2. Beban mengajar guru 24 jam/minggu
  3. Pelaksanaan pembelajaran sesuai langkah-langkah pembelajaran
  4. Memberi kesempatan guru untuk ikut pelatihan
     
  1. Tiga mata pelajaran untuk memiliki RPP
  2. Pengadaan buku tesk siswa agar sebanding
  3. Menggunakan buku sumber lebih banyak dari yang telah dimiliki
  4. Evaluasi guru dalm proses pembelajaran
3
Standar Kompetensi Lulusan
  1. Siswa lulus diatas KKM
  2. Ketersediaaan bahan ajar
  3. Penggunaan Lab. Komputer
  4. Penegakaan tata tertib sekolah
  5. Peringatan Hari besar keagamaan dan hari besar nasional
  6. Pembiasaan Hidup bersih dan sehat
  7. Ibadah sholat berjamaah
    1. Majalah dinding
    2. Penulisan karya tulis siswa
    3. Mengikuti lomba yang di adakan oleh instansi terkait maupun lintas
4
Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan
  1. Pendidik latar belakang S1
  2. Latar belakang pendidik sesuai dengan bidangnya/keguruan
  3. Guru memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, manajerial, supervise
  4. Guru memiliki SK pengangkatan GTT, GTY, DPK
  5. Kepala sekolah berpendidikan terakhir S-1
  6. Rata-rata kehadiran guru dalam satu semester 99 persen
  7. Kelulusan siswa 100% pada setiap tahun
  1. Guru yang belum S1 melanjutkan kejenjang S1
  2. Merencanakan program supervisi akademik secara kontinew
  3. Memaksimalkan tenaga perpustakaan dari guru maple
  4. Guru yang sudah berijazah S1 dimotivasi agar melanjutkan studi ke S 2
5
Standar Sarana dan prasarana
  1. Sekolah berada dilokasi yang aman
  2. Lokasi sekolah sesuai dengan peruntukan, memiliki status hak tanah
  3. Bangunan memenuhi ketentuan luas minimum sesuai dengan rasio jumlah siswa
  4. Struktur bangunan stabil dan kokoh
  5. Sekolah memiliki sanitasi didalam dan diluar yang dapat memenuhi kebuthan
  6. Bangunan sekolah memiliki ventilasi udara yang cukup
  7. Instalansi listrik 2200 watt
  8. Pemeliharaan sekolah dilakukan secara berkala
  9. Sekolah memiliki sarana ruang kelas, kepala sekolah, guru, tempat ibadah,UKS, jamban/WC, Gudang, Lab Komputer siswa
  10. Ruang kelas sesuai dengan jumlah kelas
  11. Rasio buku teks 1 buku belum satu siswa terutama buku : Matematika, IPS, PPkn., Bahsa Indonesia Agama (milik sekolah)
  12. Memiliki KIT IPA dalam Almari
  13. Memiliki sarana olah raga, alat musik untuk siswa, pengeras suara dan tape recorder
    1. Belum memiliki IMB
    2. Belum memiliki Ruang Laboratorum IPA khusus
    3. Belum memiliki Perpustakaan khusus
    4. Sarana kelas perlu dilengkapi (papan pajangan, rak hasil karya siswa)
    5. Mengusahakan buku – buku Pelajaran terutama Matematika, Bahasa Indonesia, PKn, IPA dan IPS dengan rasio 1 : 1
    6. Mengusahakan ruang Perpustakaan yang lngkap.
6
Standar Pengelolaan
  1. Sekolah memiliki visi dan misi
  2. Perumusan visi dan misi ditetapkan melalui keputusan bersama
  3. Sekolah memiliki tujuan lembaga, rencana kerja jangka menengah, rencana kerja tahunan.
  4. Sekolah memiliki struktur organisasi
  5. Sekolah memiliki pedoman dan pengelolaan sekolah secara tertulis
  6. Sekolah melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler dan pembinaan prestasi
  7. Sekolah melakukan pengembangan kurikulum
  8. Sekolah mendayagunakan pendidik dan tenaga kependidikan sesuai dengan bidang tugas
  9. Pengelolaan pembiayaan pendidikan dilakukan melakukan pembukuan yang teratur
  10. Evaluasi kinerja pendidik secara periodik
1. Memberdayakan terhadap alumni
2. Pemberdayaan bimbingan dan layanan
3. Merencanakan memberikan penghargaan bagi guru yang berprestasi
4. Merencanakan penggalian sumber dana peran serta masyarakat
5. Mendorong guru untuk meningkatkan pengetahuan tengan Teknologi Informatika (TI)
7
Standar Pembiayaan 1. Kerjasama dengan wali murid dalam pengadaan sarana dan prasarana
2. Sekolah menganggarkan biaya untuk pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan, honor dan gaji guru
3. Sekolah menganggarkan untuk kegiatan pembelajaran, kesiswaan dan pengadaan ATK
4. Sekolah memungut biaya pendidikan sekitar 80% dari jumlah siswa
5. Pengelolaan keuangan sekolah secara sistematis, transparan, efisien dan akuntabel
1. Peningkatan honor atau gaji guru
2. Mendorong guru untuk menyusun modul pembelajaran
3. Sekolah mengusahakan biaya bagi siswa tidak mampu dan berprestasi
8
Penilaian Pendidikan
  1. Guru membagikan hasil belajar siswa setiap akhir semester
  2. Teknik penilaian meliputi : tes tertulis, lisan, sikap, tugas, dan portofolio
  3. Sekolah mengkoordinasi-kan ulangan tengah semester, ulangan akhir semester dan ulangan kenaikan kelas, dengan membentuk panitia
  4. Menentukan kenaikan kelas dan kelulusan melalui proses rapat bersama
  5. Rata-rata kelulusan diatas KKM
  6. Sekolah menyerahkan SKHU dan ijazah kepada setiap siswa yang telah dinyatakan lulus
  1. Meningkatkan intensitas Program remidi dan pengayaan
  2. Setiap tahun diadakan kajian dan peningkatan KKM


Update : 03/2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar