PENERAPAN 8 STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN (SNP) 
 |                      
                        
NO 
 |                        
JENIS 
 |                        
SUDAH DILAKSANAKAN 
 |                        
AKAN DILAKSANAKAN 
 |                        
  
1 
 |  Standar Isi |                          
- Pelaksanaan Kurikulum berdasarkan  KTSP
 
- Melibatkan TIM penyusun KTSP
 
- Pengaturan beban belajar 
 
- Penentuan KKM
 
- Penyusunan Kalender Pendidikan 
 
- Mata Pelajaran Muatan Lokal
 
- Kegiatan Ekstrakurikuler
 
- Pengembangan Silabus dan RPP
 
 
 |  
  
- Program Pengembangan diri dalam  bentuk kegiatan konseling
 
- Aspek penentuan KKM
 
 
 
 |                             
                        
2 
 |                         Standar Proses |                          
- Lima mata pelajaran memiliki  RPP
 
- Beban mengajar guru 24 jam/minggu 
 
- Pelaksanaan pembelajaran sesuai  langkah-langkah pembelajaran
 
- Memberi kesempatan guru untuk ikut pelatihan
 
      
 
 |  
- Tiga mata pelajaran untuk memiliki RPP 
 
- Pengadaan buku tesk siswa agar sebanding
 
- Menggunakan buku sumber lebih banyak dari yang telah dimiliki 
 
- Evaluasi guru dalm proses  pembelajaran
 
 
 |                            
                        
3 
 |                         Standar Kompetensi Lulusan |                          
- Siswa lulus diatas KKM
 
- Ketersediaaan bahan ajar
 
- Penggunaan Lab. Komputer
 
- Penegakaan tata tertib sekolah
 
- Peringatan Hari besar keagamaan  dan hari besar nasional
 
- Pembiasaan Hidup bersih dan  sehat
 
- Ibadah sholat berjamaah
 
 
 |  
  
- Majalah dinding
 
- Penulisan karya tulis siswa
 
- Mengikuti lomba yang di adakan oleh instansi terkait maupun lintas 
 
 
 
 |                            
                        
4 
 |                         Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan |                          
- Pendidik latar belakang S1
 
- Latar belakang pendidik sesuai  dengan bidangnya/keguruan 
 
- Guru memiliki kompetensi  pedagogik, kepribadian, manajerial, supervise
 
- Guru memiliki SK pengangkatan  GTT, GTY, DPK
 
- Kepala sekolah berpendidikan terakhir S-1
 
- Rata-rata kehadiran guru dalam  satu semester 99 persen
 
- Kelulusan siswa 100% pada setiap tahun 
 
 
 |  
- Guru yang belum S1 melanjutkan  kejenjang S1
 
- Merencanakan program  supervisi akademik secara kontinew 
 
- Memaksimalkan tenaga  perpustakaan dari guru maple
 
- Guru yang sudah berijazah S1 dimotivasi agar melanjutkan  studi ke S 2
 
 
 |                            
                        
5 
 |                         Standar Sarana dan prasarana |                          
- Sekolah berada dilokasi yang  aman
 
- Lokasi sekolah sesuai dengan  peruntukan, memiliki status hak tanah 
 
- Bangunan memenuhi ketentuan  luas minimum sesuai dengan rasio jumlah siswa
 
- Struktur bangunan stabil dan  kokoh 
 
- Sekolah memiliki sanitasi  didalam dan diluar yang dapat memenuhi kebuthan
 
- Bangunan sekolah memiliki  ventilasi udara yang cukup
 
- Instalansi listrik 2200 watt
 
- Pemeliharaan sekolah dilakukan  secara berkala
 
- Sekolah memiliki sarana ruang  kelas, kepala sekolah, guru, tempat ibadah,UKS, jamban/WC, Gudang, Lab Komputer  siswa
 
- Ruang kelas sesuai dengan jumlah kelas
 
- Rasio buku teks 1 buku belum  satu siswa terutama  buku : Matematika, IPS, PPkn., Bahsa Indonesia Agama  (milik sekolah)
 
- Memiliki KIT IPA dalam Almari 
 
- Memiliki sarana olah raga, alat musik untuk  siswa, pengeras suara dan tape recorder 
 
 
 |  
  
- Belum memiliki IMB
 
- Belum memiliki Ruang Laboratorum  IPA khusus
 
- Belum  memiliki Perpustakaan khusus 
 
- Sarana kelas perlu dilengkapi  (papan pajangan, rak hasil karya siswa) 
 
- Mengusahakan buku – buku Pelajaran terutama Matematika, Bahasa  Indonesia, PKn, IPA dan IPS dengan rasio 1 : 1 
 
- Mengusahakan  ruang Perpustakaan yang lngkap. 
 
 
 
 |                            
                        
6 
 |                         Standar Pengelolaan |                          
- Sekolah memiliki visi dan misi 
 
- Perumusan visi dan misi  ditetapkan melalui keputusan bersama 
 
- Sekolah memiliki tujuan  lembaga, rencana kerja jangka menengah, rencana kerja tahunan.
 
- Sekolah memiliki struktur  organisasi 
 
- Sekolah memiliki pedoman dan  pengelolaan sekolah secara tertulis 
 
- Sekolah melaksanakan kegiatan  ekstrakurikuler dan pembinaan prestasi 
 
- Sekolah melakukan pengembangan  kurikulum 
 
- Sekolah mendayagunakan pendidik  dan tenaga kependidikan sesuai dengan bidang tugas 
 
- Pengelolaan pembiayaan  pendidikan dilakukan melakukan pembukuan yang teratur 
 
- Evaluasi kinerja pendidik secara periodik 
 
 
 |  
1. Memberdayakan terhadap alumni  
2. Pemberdayaan bimbingan dan layanan  
3. Merencanakan memberikan penghargaan bagi guru yang  berprestasi  
4. Merencanakan penggalian sumber dana peran serta  masyarakat 
5. Mendorong guru untuk meningkatkan pengetahuan tengan  Teknologi Informatika (TI)  |                            
                        
7 
 |                         Standar Pembiayaan |                          1. Kerjasama dengan wali murid dalam pengadaan sarana dan prasarana 
2. Sekolah menganggarkan biaya untuk pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan, honor dan gaji guru 
3. Sekolah menganggarkan untuk kegiatan pembelajaran, kesiswaan dan pengadaan ATK 
4. Sekolah memungut biaya pendidikan sekitar 80% dari jumlah siswa  
5. Pengelolaan keuangan sekolah secara sistematis, transparan, efisien dan akuntabel  |  1. Peningkatan honor atau gaji guru  
2. Mendorong guru untuk menyusun modul pembelajaran  
3. Sekolah mengusahakan biaya bagi siswa tidak mampu dan berprestasi  |                           
                        
8 
 |                         Penilaian Pendidikan |                          
- Guru  membagikan hasil belajar siswa setiap akhir semester
 
- Teknik  penilaian meliputi : tes tertulis, lisan, sikap, tugas, dan portofolio
 
- Sekolah  mengkoordinasi-kan ulangan tengah semester, ulangan akhir semester dan ulangan  kenaikan kelas, dengan membentuk panitia
 
- Menentukan  kenaikan kelas dan kelulusan melalui proses rapat bersama
 
- Rata-rata  kelulusan diatas KKM
 
- Sekolah  menyerahkan SKHU dan ijazah kepada setiap siswa yang telah dinyatakan  lulus
 
 
 |  
- Meningkatkan intensitas Program remidi dan pengayaan 
 
- Setiap  tahun diadakan  kajian dan peningkatan KKM
 
 
 |                           
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar